Jumat, 19 Agustus 2011

selayang pandang

bukan untuk menggurui tp cuma utk menambah sedikit ilmu aja biar engga lupa. begini ceritanya...
pada pertemuan di hari minggu, 14 agustus 2011 di P. Dalem ada pertanyaan dari  tempek Yon Ang Air  pertanyaanya kalau engga salah kenapa ada anggotanya yg meninggal tidak boleh dilaksanakan pengabenan? tetapi yg pertama nyilib terus beberapa harinya nitip geni sementara dari jkt lain boleh ngaben sedangkan Pura Dalemnya sama? kemudian di jawab oleh pengurus banjar, upacara ngaben tidak diperbolehkan selama gedeong Dalem Pura Dalem belum selesai. penjelasan tersebut sudah di sepakati pada pertemuan pengurus banjar dengan Ratu Pedanda. dab umat jakut tdk diperbolehkan melaksanakannya karena sebagai pengempon Pura Dalem.
     Kemudian hal tersebut mendapat tanggapan oleh ketua parisadha Jakut . yg mana inti pendekatannya melalu Agama pramana yaitu mengetahui sesuatu melalui ajaran ajaran agama . misalnya pelajaran yoga,meditasi,pelatihan spriritual dan mendengar petuah-petuah dan cerita dari para guru, rsi dan orang-orang suci.  
Tri pramana adalah tiga cara untuk mengetahui sesuatu. yang terdiri dari :
1. Pratyaksa pramana  yaitu mengetahui sesuatu dengan menggunakan indriya-indriyanya atau mengamati langsung terhadap sesuatu obyek.  contohnya: Garam rasanya asin, gula rasanya manis, darah merah dan api panas.

2. Anumana pramana yaitu mengetahui sesuatu dengan cara membandingkan, dengan pengamatan atau melalui penelitian.  contohnya : air terdiri dari unsur oksigen dan hidrogen, air bisa membeku menjadi es.

3. Agama pramana yaitu mengetahui sesuatu melalui ajaran agama yang ada dlm kitab suci.
     misalnya yoga,meditasi dan mendengar petuah dan cerita dari para guru, Rsi atau orang orang suci.

hal tersebut adalah salah satu cara untuk lebih merasa yakin dengan ajaran agama yang kita yakini.


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More